MODEL PEMBELAJARAN
KONTEKTUAL
MATA PELAJARAN
G E O G R A F I
Disusun Oleh :
Drs. Edeng Kusniadi
Departemen pendidikan nasional
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH UMUM
2003
MODEL PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas Semester : XII / 1
Waktu : 2 X 45 menit
Pendekatan : Konstektual
Metode : Demontrasi dan diskusi
A. Satandar Kompetensi :
1. Menganalisis gejala alam fisik dan perkembangan bentuk muka bumi serta
pelestariaannya
B. Kompetensi Dasar :
1.2.Menafsirkan pola dan ciri kenampak kan alam dan budaya pada berbagai peta dan media citra.
C. Indikator Pencapaian :
Membuat peta berdasarkan hasil pengukuran jarak dan arah dengan menggunakan alat bantu meteran dan kompas
D. Materi Pokok dan Uraian Materi :
Peta tematik dan citra penginderaan jauh
· Memetakan suatu wilayah
E. Pengalaman Belajar :
1. Secara berkelompok mengukur jarak dengan meteran bidang yang dipetakan
(Kec.hidup: komunikasi lisan, komunikasi tertulis, kerjasama, menggali informasi)
2. Secara berkelompok mengukur azimut dengan kompas
(Kec.hidup: komunikasi lisan, komunikasi tertulis, kerjasama, menggali informasi)
3. Secara kelompok mengkonversi data jarak dan azimut ke dalam peta dengan skala 1 :200
(Kec.hidup: komunikasi lisan, komunikasi tertulis, kerjasama, menggali informasi, menghubungkan veriabel)
4. Secara berkelompok mepresentasikan hasil kerja (berupa peta hasil pengukuran )
(Kec.hidup: potensi diri, eksistensi diri,komunikasi lisan, komunikasi tertulis, kerjasama, menggali informasi, menghubungkan veriabel)
5. Menyimpulkan langkah langkah pembuatan peta
(Kec. hidup : komunikasi lisan, komunikasi tertulis, kerjasama, menyipulkani
F. Alat dan Bahan Praktik :
1. Meteran
2. Kompas
3. Pinsil
4. Kertas milimeter blok
5. Penggaris
6. Busur derajat
7. Papan alas
G. Skenario Pembelajaran :
1. Apersepsi
Tanya jawab tentang :
1.1. Pengertian peta
1.2. Pengertian skala
1.3. Makna skala I : 1200
1.4. Menentukan jarak peta
1.5. Arah kompas/azimut
2. Kegiatan pokok
( Pada pertemuan sebelumnya guru, melalui ketua kelas, membagi kelompok kerja, setiap kelompok lima orang, dan setiap kelompok diwajibkan membawa peralatan dan bahan yang diperlukan )
2.1. Masing masing ketua kelompok membagi tugas, ( satu orang petugas pencatat data, dua orang pengukur jarak/pegang meteran, satu orang pengukur arah/pegang kompas dan satu orang petugas pembuat peta/konversi data)
2.2. Masing kelompok mengamati bidang yang akan dipetakan (model bidang yang akan terlebih dahulu dibuat guru di lapangan upacara)
2.3. Masing masing kelompok menentukan titik permulaan pengukuran
2.4. Masing masing kelompok melakukan pengukuran, hasilnya dituangkan dalam bentuk tabel dan peta
2.5. Masing masing kelompok mepresentasikan hasil pengukuran (berupa tabel dan peta)
2.6. Siswa diberi kesempatan mengomentari hasil kerja kelompok penyaji
3. Penutup
3.1. Menyimpulkan langkah langkah pemetaan suatu wilayah
3.2. Menyimpulkan hasil kerja
3.3. Secara individu membuat peta berdasarkan data hasil pengukuran kelompok lain ( pekerjaan rumah )
H. Penilaian :
Penilaian dapat dilakukan secara individu maupun kelompok, baik penilaian sebelum proses pembelajaran, dalam proses, maupun setelah proses pembelajaran. Aspek yang dinilai dapat berupa aspek kognitif, psikomotor, maupun aspek afektif.
1. Penilaian Individual, dilakukan dalam hal :
1.1. Kedisiplinan mempersiapkan peralatan/bahan yang telah dibebankan kepadanya
1.2. Keterampilan menggunakan alat
1.3. Kedisiplinan dalam bekerja
1.4. Toleransi terhadap sesama dalam bekerja
1.5. Bekerja sama
2. Penilaian Kelompok, dilakukan dalam hal :
2.1. Kekompakan
2.2. Kedisiplinan
2.3. Efektifitas kerja
2.4. Hasil kerja
2.5. Presentasi hasil kerja
3. Penilaian Hasil, dilakukan dalam hal :
3.1. Akurasi data hasil pengukuran
3.2. Kecermatan konversi data jarak lapangan ke jarak peta
3.3. Peta yang dihasilkan
4. Format Penilaian
4.1. Penilaian Kognitif
No | Aspek yang di nilai | Nilai | Keterangan |
1. | Ketepatan pengukuran | | |
2. | Ketepatan Konversi data | | |
3. | Ketepatan titik awal pembuatan peta | | |
4. | Ketepatan bentuk peta | | |
| Rata-rata | | |
Catatan : Rentang nilai 1 – 10
4.2. Penilaian Psikomotor
No | Aspek yang di nilai | Nilai | Keterangan |
1. | Keterampilan penggunaan alat (kompas dan meteran) | | |
2. | Keterampilan pecatatan data | | |
3. | Keterampilan penggunaan busur derajat dan penggaris | | |
4. | Keterampilan pembuatan peta | | |
| Rata-rata | | |
Catatan : Rentang nilai 1 – 10
4.3. Penilaian Afektif
No | Aspek yang di nilai | Nilai | Keterangan |
1. | Disiplin melaksanakan tugas | | |
2. | Bekerja sama | | |
3. | Minat | | |
4. | | | |
| Rata-rata | | |
Catatan : Rentang Nilai A - D
A Sangat baik
B. Baik
C. Sedang
D. Kurang
I. Referensi :
1. Sumadi Sutrijat, Geografi 1, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta , 1999
2. Aryono Prihandito, Kartografi, Mitra Gama Widya, Yogyakarta , 1989
J. Analisis Hasil Belajar dan Program Tindak Lanjut :
1. Program remidial
2. Pemberian tugas
K. Lampiran :
1. Silabus dan Sistem Penilaian
2. Contoh Instrumen
CONTOH INSTRUMEN
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Peta adalah gambaran konvensional secara selektif dari permukaan bumi dengan segala fenomenanya yang diperkecil dengan skala tertentu dan …
- dibuat dengan tujuan sesuai sipembuat peta
- salah satunya ditampilkan dalam bentuk bulat
- ditampilkan pada bidang datar
- menunjukkan posisi lokasi tertentu
- ditampilkan dengan warna yang indah
2. Skala 1 : 5.000, artinya …
- satu meter jarak di peta mewakili 5000 km. jarak horizontal di permukaan bumi
- satu centimeter di peta mewakili 5000 km jarak horizontal dipermukaan bumi
- satu centimeter di peta mewakili 5000 meter jarak horizontal dipermukaan bumi
- satu centimeter di peta mewakili 5000 cm. jarak horizontal dipermukaan bumi
- satu milimeter di peta mewakili 5000 cm. jarak horizontal dipermukaan bumi
3. Jika jalan yang panjangnya 10 Km digambarkan pada sebuah peta, panjangnya hanya 8 Cm. , maka skala peta itu adalah …
- 1 : 800.000
- 1 : 500.000
- 1 : 350.000
- 1 : 235.000
- 1 : 125.000
4.
Skala peta Gb. 2 adalah …
- 1 : 270.000
- 1 : 300.000
- 1 : 500.000
- 1 : 650.000
- 1 : 750.000
5. Jika jarak dua titik yang sebenarnya 10 meter dipetakan dengan skala
1 : 200, maka digambarkan pada peta dengan panjang …
- 20 Cm.
- 15 Cm.
- 10 Cm.
- 5 Cm.
- 2,5 Cm.
6. Jika titik utara 0°, maka titik 315° menujukan titik …
- barat
- tenggara
- barat daya
- timur laut
E. barat laut
DATA PENGUKURAN
Nama Petugas :
Hari/Tanggal :
No | Obyek/Titik | Azimuth ( ° ) | Jarak ( M ) | Keterangan |
| | | | |
BIODATA
1. | Nama Lengkap | Drs. EDENG KUSNIADI | |
2. | NIP/Karpeg | 131598783 / E. 041509 | |
3. | Identitas lain | - | |
4. | Pangkat dan golongan ruang | Pembina / IV a | |
5. | Tanggal lahir/umur | 17 September 1959 | |
6. | Tempat lahir | Subang | |
7. | Jenis kelamin | Laki – laki | |
8. | Agama | Islam | |
9. | Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa | - | |
10. | Status perkawinan | Kawin | |
11. | Alamat Rumah : a.Jalan | Jln. Cendrawasih XVI No. 277 | |
| b. Kelurahan/Kec. | Pejuang / | |
| d. Kodya/Propinsi | Bekasi / Jawa barat | |
| f. Telepon/Hp. | (021) 8874589 / 08128658173 | |
| Tempat Tugas | SMUN 73 | |
. | a. Jalan | Jln. Raya Cakung Cilincing | |
12 | b. Kelurahan/Kec. | Semper Timur / Cilincing | |
| c. Kodya/Propinsi | | |
| d. Telepon | (021) 4401622 - 4410305 | |
13. | Keterangan Badan : a.Tinggi (cm) | 168 Cm. | |
| b.Berat badan (kg) | 79 Kg. | |
| c.Rambut | Lurus | |
| d.Bentuk muka | Bulat | |
| e.Warna kulit | Sawo matang | |
14. | Kegemaran (Hobby) | Membaca | |
DESAIN PEMBELAJARAN .
Sekolah : SMAN 2 RANGKASBITUNG
Mata pelajaran : Geografi
Kelas / program : XII / Ilmu–Ilmu Sosial.
Semester : Ganjil.
Minggu ke | Kompetensi dasar | Kegiatan pembelajaran | ||
| | Tatap muka | Tugas terstruktur | Kegiatan mandiri |
3 | Mempraktikan keterampilan dasar pada peta dan pemetaan | Menjelaskan teknik pengukuran (mengkonversikan) skala peta | Mengukur jarak antara A dengan B di peta | 1.Mengukur jarak dan azimuth antara titik A dengan titik B dengan berbagai skala yang berbeda setiap kelompok. 2. Membuat laporan hasil praktek. |
DATA PENGUKURAN
Nama kelompok :
Hari/Tanggal :
No | Obyek/Titik | Azimuth ( ° ) | Jarak ( M ) | Keterangan |
| | | | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar