Sabtu, 26 November 2011

BAHAN AJAR



MODEL PEMBELAJARAN
KONTEKTUAL








MATA PELAJARAN

G E O G R A F I










Disusun Oleh :

Drs. Edeng Kusniadi














Departemen pendidikan nasional

DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH UMUM

JAKARTA
2003




MODEL PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL



Mata Pelajaran         :  Geografi

Kelas Semester        :  XII / 1
Waktu                         :  2 X 45 menit
Pendekatan              :  Konstektual
Metode                       :  Demontrasi dan diskusi


A. Satandar Kompetensi  :
1.    Menganalisis gejala alam fisik dan perkembangan bentuk muka bumi serta 
pelestariaannya

B. Kompetensi Dasar        :
1.2.Menafsirkan pola dan ciri kenampak kan alam dan  budaya pada berbagai peta dan media citra.

C. Indikator Pencapaian   :
Membuat peta berdasarkan hasil pengukuran jarak dan arah dengan menggunakan alat bantu meteran dan kompas

D. Materi Pokok dan Uraian Materi :
            Peta tematik dan citra penginderaan jauh
·         Memetakan suatu  wilayah

E. Pengalaman Belajar     :
1.    Secara berkelompok mengukur jarak dengan meteran bidang yang dipetakan
(Kec.hidup: komunikasi lisan, komunikasi tertulis, kerjasama, menggali informasi)

2.    Secara berkelompok mengukur azimut dengan kompas
(Kec.hidup: komunikasi lisan, komunikasi tertulis, kerjasama, menggali informasi)

3.    Secara kelompok mengkonversi data jarak dan azimut ke dalam peta dengan skala 1 :200
(Kec.hidup: komunikasi lisan, komunikasi tertulis, kerjasama, menggali informasi, menghubungkan veriabel)

4.    Secara berkelompok mepresentasikan hasil kerja (berupa peta hasil pengukuran )
(Kec.hidup: potensi diri, eksistensi diri,komunikasi lisan, komunikasi tertulis, kerjasama, menggali informasi, menghubungkan veriabel)



5.    Menyimpulkan langkah langkah pembuatan peta
(Kec. hidup : komunikasi lisan, komunikasi tertulis, kerjasama, menyipulkani


F. Alat dan Bahan Praktik   :
1.    Meteran
2.    Kompas
3.    Pinsil
4.    Kertas milimeter blok
5.    Penggaris
6.    Busur derajat
7.    Papan alas

G. Skenario Pembelajaran  :
1.    Apersepsi
Tanya jawab tentang :
1.1.        Pengertian peta
1.2.        Pengertian skala
1.3.        Makna skala I : 1200
1.4.        Menentukan jarak peta
1.5.        Arah kompas/azimut

2.    Kegiatan pokok
( Pada pertemuan sebelumnya guru, melalui ketua kelas, membagi kelompok kerja, setiap kelompok lima orang, dan setiap kelompok diwajibkan membawa peralatan dan bahan yang diperlukan )
2.1.        Masing masing ketua kelompok membagi tugas, ( satu orang petugas pencatat data,  dua orang pengukur jarak/pegang meteran, satu orang pengukur arah/pegang kompas dan satu orang petugas pembuat peta/konversi data)
2.2.        Masing kelompok mengamati bidang yang akan dipetakan (model bidang yang akan terlebih dahulu dibuat guru di lapangan upacara)
2.3.        Masing masing kelompok menentukan titik permulaan pengukuran
2.4.        Masing masing kelompok melakukan pengukuran, hasilnya dituangkan dalam bentuk tabel dan peta
2.5.        Masing masing kelompok mepresentasikan hasil pengukuran (berupa tabel dan peta)
2.6.        Siswa diberi kesempatan mengomentari hasil kerja kelompok penyaji

3.    Penutup
3.1.        Menyimpulkan langkah langkah pemetaan suatu wilayah
3.2.        Menyimpulkan hasil kerja
3.3.        Secara individu membuat peta berdasarkan data hasil pengukuran kelompok lain ( pekerjaan rumah )
H.  Penilaian :
Penilaian dapat dilakukan secara individu maupun kelompok, baik penilaian sebelum proses pembelajaran, dalam proses, maupun setelah proses pembelajaran. Aspek yang dinilai dapat berupa aspek kognitif, psikomotor, maupun aspek afektif.
1.    Penilaian Individual, dilakukan dalam hal :
1.1.        Kedisiplinan mempersiapkan peralatan/bahan yang telah dibebankan kepadanya
1.2.        Keterampilan menggunakan alat
1.3.        Kedisiplinan dalam bekerja
1.4.        Toleransi terhadap sesama dalam bekerja
1.5.        Bekerja sama

2.    Penilaian Kelompok, dilakukan dalam hal :
2.1.        Kekompakan
2.2.        Kedisiplinan
2.3.        Efektifitas kerja
2.4.        Hasil kerja
2.5.        Presentasi hasil kerja

3.    Penilaian Hasil, dilakukan dalam hal :
3.1.        Akurasi data hasil pengukuran
3.2.        Kecermatan konversi data jarak lapangan ke jarak peta
3.3.        Peta yang dihasilkan

4.    Format Penilaian
4.1.        Penilaian Kognitif

No
Aspek yang di nilai
Nilai
Keterangan
1.
Ketepatan pengukuran


2.
Ketepatan Konversi data


3.
Ketepatan titik awal pembuatan peta


4.
Ketepatan bentuk  peta



Rata-rata


           
                        Catatan : Rentang nilai  1 – 10











4.2.        Penilaian Psikomotor

No
Aspek yang di nilai
Nilai
Keterangan
1.
Keterampilan penggunaan alat (kompas dan meteran)


2.
Keterampilan pecatatan data


3.
Keterampilan penggunaan busur derajat dan penggaris


4.
Keterampilan pembuatan peta



Rata-rata


           
            Catatan : Rentang nilai  1 – 10


4.3.        Penilaian Afektif

No
Aspek yang di nilai
Nilai
Keterangan
1.
Disiplin  melaksanakan tugas


2.
Bekerja sama


3.
Minat


4.




Rata-rata



Catatan : Rentang Nilai  A  - D
                  A   Sangat baik
B.   Baik
C.   Sedang
D.   Kurang


I.  Referensi  :
1.    Sumadi Sutrijat, Geografi 1, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,  Jakarta, 1999
2.    Aryono Prihandito, Kartografi, Mitra Gama Widya, Yogyakarta, 1989


J. Analisis Hasil Belajar dan Program Tindak Lanjut  :
1.    Program remidial
2.    Pemberian tugas

K. Lampiran  :
1.    Silabus dan Sistem Penilaian
2.    Contoh Instrumen




CONTOH  INSTRUMEN


Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1.    Peta adalah gambaran konvensional secara selektif dari permukaan bumi dengan segala fenomenanya yang diperkecil dengan skala tertentu dan …
  1. dibuat dengan tujuan sesuai sipembuat peta
  2. salah satunya ditampilkan dalam bentuk bulat
  3. ditampilkan pada bidang datar
  4. menunjukkan posisi lokasi tertentu
  5. ditampilkan dengan warna yang indah

2.    Skala 1 : 5.000, artinya …
  1. satu meter jarak di peta mewakili 5000 km. jarak horizontal di permukaan bumi
  2. satu centimeter di peta mewakili 5000 km jarak horizontal dipermukaan bumi
  3. satu centimeter di peta mewakili 5000 meter jarak horizontal dipermukaan bumi
  4. satu centimeter di peta mewakili 5000 cm. jarak horizontal dipermukaan bumi
  5. satu milimeter di peta mewakili 5000 cm. jarak horizontal dipermukaan bumi

3.    Jika jalan yang panjangnya 10 Km  digambarkan pada sebuah peta, panjangnya hanya 8 Cm. , maka skala peta itu adalah …
  1. 1 : 800.000
  2. 1 : 500.000
  3. 1 : 350.000
  4. 1 : 235.000
  5. 1 : 125.000


4.   
 


 




Skala peta Gb. 2 adalah …

  1. 1 : 270.000
  2. 1 : 300.000
  3. 1 : 500.000
  4. 1 : 650.000
  5. 1 : 750.000


5.    Jika jarak dua titik yang sebenarnya 10 meter dipetakan dengan skala          
1 : 200, maka digambarkan pada peta dengan panjang …
  1. 20 Cm.
  2. 15 Cm.
  3. 10 Cm.
  4. 5 Cm.
  5. 2,5 Cm.
 
6.    Jika titik utara 0°, maka titik 315° menujukan titik …
  1. barat
  2. tenggara
  3. barat daya
  4. timur laut
E.   barat laut

































DATA PENGUKURAN


Nama Petugas         :

Hari/Tanggal             :


No
Obyek/Titik
Azimuth
( ° )
Jarak
( M )
Keterangan











































BIODATA


1.
Nama Lengkap
Drs. EDENG KUSNIADI

2.
NIP/Karpeg
131598783 / E. 041509

3.
Identitas lain
-

4.
Pangkat dan golongan ruang
Pembina / IV a

5.
Tanggal lahir/umur
17  September  1959

6.
Tempat lahir
Subang

7.
Jenis kelamin
Laki – laki

8.
Agama
Islam

9.
Kepercayaan terhadap Tuhan Yang         Maha Esa
-

10.
Status perkawinan
Kawin

11.
Alamat Rumah :  a.Jalan
Jln. Cendrawasih XVI  No. 277


                    b. Kelurahan/Kec.
Pejuang / Medan Satria


                    d. Kodya/Propinsi   
Bekasi / Jawa barat


                     f. Telepon/Hp.
(021) 8874589 / 08128658173


Tempat Tugas
SMUN 73 Jakarta

.
                     a.  Jalan
Jln. Raya Cakung Cilincing

12
                     b.  Kelurahan/Kec.
Semper Timur / Cilincing


                     c.  Kodya/Propinsi
Jakarta utara / DKI Jakarta


                     d.  Telepon
(021) 4401622 - 4410305

13.
Keterangan
Badan               :  a.Tinggi (cm)

168 Cm.




                            b.Berat badan (kg)
79 Kg.


                            c.Rambut
Lurus


                            d.Bentuk muka
Bulat


                            e.Warna kulit
Sawo matang

14.
Kegemaran (Hobby)
Membaca








DESAIN PEMBELAJARAN .

Sekolah                     :           SMAN 2 RANGKASBITUNG
Mata pelajaran         :           Geografi
Kelas / program        :           XII / Ilmu–Ilmu Sosial.
Semester                   :           Ganjil.


Minggu  ke
Kompetensi dasar
Kegiatan pembelajaran


Tatap muka
Tugas terstruktur
Kegiatan mandiri
3
Mempraktikan keterampilan dasar pada peta dan pemetaan
Menjelaskan teknik pengukuran (mengkonversikan) skala peta
Mengukur jarak antara A dengan B di peta
1.Mengukur jarak dan azimuth antara titik A dengan titik B  dengan berbagai skala yang berbeda setiap kelompok.

2. Membuat laporan hasil praktek.






















DATA PENGUKURAN


Nama kelompok       :

Hari/Tanggal             :


No
Obyek/Titik
Azimuth
( ° )
Jarak
( M )
Keterangan














































Tidak ada komentar:

Posting Komentar